Mengubah Biogas Menjadi Listrik

Selain itu, kompor listrik juga dilengkapi dengan beberapa fitur pengatur suhu yang tidak kalah menarik. TEMPO.CO, Jakarta -Penurunan harga bahan bakar minyak, gas dan listrik akan memberikan dampak positif terhadap industri makanan dan minuman. Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia Adhi S. Lukman optimistis industri makanan dan minuman akan bertumbuh positif dengan adanya penurunan ketiga komponen itu. “Untuk 2016 kita ingin pertumbuhan volume penjualan juga ditingkatkan,” katanya di Jakarta, Jumat, 8 Januari 2015. Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan, penggunaan kompor listrik justru menguntungkan masyarakat. Jika 15 juta kompor terpakai maka penghematan yang luar biasa dalam menekan kompor LPG.

Demi mengurangi polusi dan membuat rumah lebih aman, mari beralih ke kompor listrik untuk segala kegiatan memasak di rumah. Selain mendorong pemanfaatan kompor listrik, pemerintah juga akan mendorong pemanfaatan jaringan gas bumi dan pemanfaatan dimetil eter untuk mencapai target pengurangan impor LPG. Apalagi bentuknya yang cenderung lebih tipis dan menarik membuat banyak yang beralih ke kompor listrik. Ditambah lagi, sebagian besar setuju bahwa kompor listrik lebih praktis ketimbang kompor gas. Harga Termurah Tapi Bukan Murahan Online shop JualElektronik.com menawarkan harga termurah tapi bukanlah barang murahan. Melainkan barang baru, berkualitas bagus dan bergaransi resmi pabrik.

Penggunaannya lebih fleksibel karena bisa diletakkan di mana saja. Saat ini, kompor listrik menjadi satu perlengkapan dapur populer karena dinilai lebih praktis dengan ukurannya yang kecil. Keuntungan lainnya, ada kompor listrik jenis portable yang bisa dibawa-bawa dengan mudah. Kemudian, ada juga jenis kompor yang mudah dibersihkan sehingga tidak merepotkan Anda. Karena itu, kajian pemberian paket kompor induksi ini agar masyarakat tidak khawatir dan mau beralih ke listrik ketika memasak.

Ini dikarenakan kompornya tidak akan panas jika dipegang langsung dengan tangan. Untuk menjalankan mesin pemerah susu mereka, sebuah peternakan di Oaxaca dan Tabasco memproduksi dengan pembangkit listrik biogas “Sistema.bio” dari biodigester 40 m³. Dalam satu tahun mereka menghemat 116 kg LPG dengan biodigester.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform , Fabby Tumiwa menilai rencana bagi-bagi kompor listrik menjadi sebuah dilema. Sebab, bagi pelanggan subsidi 450 VA dan 900 VA akan kaget dengan tagihan listriknya yang berpotensi naik. Selain itu, kemungkinan harus membeli alat-alat masak baru yang terbilang mahal. Kekurangan yang akan diperoleh dengan menggunakan kompor listrik yaitu membutuhkan waktu lebih lama saat memasak dan tidak akan bisa dipakai jika kondisi mati listrik. Selain itu, kompor listrik tidak bisa digunakan untuk berbagai metode memasak. Kompor gas dalam satu kondisi dapat berpotensi menyebabkan ledakan jika terdapat kelalaian saat menggunakan dan menyimpan tabung gas elpiji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *